Monday, November 12, 2012

Manfaat di Balik Pedasnya Mint


Daun mint dikenal cukup luas karena tanaman ini banyak dipakai untuk menambahkan citarasa mentol dalam produk permen, makanan, kosmetik, pasta gigi, hingga obat-obatan. Rasa mentol dalam mint ternyata mengandung sederet khasiat.

Salah satu khasiat mint yang paling terkenal adalah mengatasi penyakit pencernaan seperti irritable bowel syndrome. Dalam sebuah penelitian tahun 2011 para peneliti menemukan bahwa minyak pepermint sangat baik mengurangi penyakit irritable bowel syndrome yang punya gejala sembelit, diare, kembung, mual, dan mulas.

Pepermint juga dipakai secara turun-temurun untuk mengatasi gejala flu, peradangan di mulut dan tenggorokan, infeksi sinus, dan infeksi pernapasan. Beberapa orang juga memakai daun mint untuk mengurangi nyeri haid.

Untuk mendapatkan khasiat mint, tuang air hangat ke dalam gelas bersama dengan beberapa helai daun mint segar. Biarkan beberapa saat lalu nikmati teh mint ini untuk mengatasi sakit perut dan gangguan pencernaan.

Sementara itu minyak pepermint bisa dioleskan ke kulit untuk mengurangi sakit kepala, nyeri otot, saraf, sakit gigi, ruam alergi, infeksi bakteri, hingga menyembuhkan gatal akibat gigitan nyamuk. Rasa hangat yang ditimbulkannya bisa meredakan rasa nyeri.

Anda juga bisa memanfaatkan hangatnya mint untuk menyegarkan otot-otot kaki. Caranya, campurkan 1 cangkir garam laut, 1/3 cangkir minyak zaitun dan 6 tetes minyak esensial pepermint. Gosokkan di kaki beberapa saat lalu bilas. Garam laut akan membuang sel kulit mati sementara rasa mentol akan meredakan nyeri otot.

Sementara itu menghirup aroma minyak esensial pepermint setap dua jam sekali dianjurkan untuk mereka yang ingin mengurangi nafsu makannya.

No comments:

Post a Comment

Pengunjung